Pentingnya Usulan Contoh Bahan Dalam Proyek Konstruksi

Dalam perjalanan pulang dari bandara Jalaludin Gorontalo pagi tadi, saya menerima telepon rekanan kontraktor pelaksana yang bermaksud menanyakan spesifikasi teknis material Cansteen dan Paving guna pelaksanaan proyek trotoar yang dalam tahap  pelaksanaan konstruksi. Sembil memperhitungkan waktu tempuh yang akan dilalui, saya menjanjikan akan melakukan kunjungan lapangan dan menemui rekanan kami pada siang nanti.

Sekitar pukul 12.30 Waktu Bolaang Mongondow Utara,😆bersama tim kami melakukan supervisi lapangan. Dari pengamatan yang kami lakukan di lapangan ternyata bahan/material yang ditanyakan via telepon tadi pagi telah bertumpuk dilapangan, dan sebagian telah terpasang. Setelah melakukan pengecekan dengan gambar bestek, kami dapatkan bahwa untuk material Cansteen ternyata ada ketidak sesuaian dari sisi dimensi dengan spesifikasi teknis yang direncanakan. Setelah berdiskusi antara tim supervisi bersama pihak kontraktor akhirnya diputuskan dan disepakati bahwa bahan/material tersebut akan dikeluarkan dari lokasi pekerjaan dan pihak kontraktor bersedia untuk mengganti sesuai dengan spesifikasi teknis yang direncanakan. Kami menyadari sepenuhnya bahwa keputusan ini tentu akan sangat berdampak dari segi biaya konstruksi, dan segala konsekwensi biaya yang ditimbulkan akan menjadi tanggung jawab  pihak kontraktor pelaksana sepenuhnya.

Sebenarnya masalah seperti ini tidak perlu terjadi apabila sebelum melakukan pengiriman bahan ke lokasi proyek, pihak kontraktor mengajukan Form Usulan Contoh Bahan guna mendapatkan persetujuan dari tim supervisi. Pengusulan contoh bahan ini adalah salah satu instrumen supervisi yang biasa dilaksanakan dengan maksud untuk menunjang kegiatan proyek agar keterkaitan penyediaan dan penggunaan bahan atau material terhadap suatu pekerjaan dapat berjalan lancar sehingga keterlambatan jadwal pemesanan yang dapat menyebabkan bertambahnya biaya pada proyek sebisa mungkin tidak terjadi. 😂

Pastinya telah banyak yang paham tentang hal ini, namun bagi sebagian orang yang baru bekerja dibidang ini mungkin masih ada yang belum mengerti dan bingung cara membuatnya. Berikut saya bagikan form Usulan Contoh Bahan dan selanjutnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan. Insya Allah bisa bermanfaat. Wallahu A'lam Bishawab.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url