Mengenal SIDLACOM: Pesan Menteri Basuki Hadimuljono Sebelum Mengakhir Karirnya.
Mau tahu kenapa proyek pembangunan itu nggak boleh asal-asalan? 💥Ada rumus ajaibnya, lho! Namanya SIDLACOM. Ini pesan oleh pak Menteri Basuki Hadimuljono untuk insan Pekerjaan Umum saat berpamintan mengakhiri masa tugasnya. Survey, Investigation, Design, Land Acquisition, Construction, Operations and Maintenance atau SIDLACOM ini merupakan pakem terkait dengan kementerian-kementerian yang berhubungan dengan pembangunan infrastruktur. Singkatnya, sebelum bangun rumah, jalan, atau gedung, para ahli harus melalui beberapa tahap: survey lokasi, riset mendalam, bikin desain keren, urus izin lahan, bikin rencana kerja, baru deh mulai konstruksi. Setelah jadi, bangunannya juga perlu dirawat terus supaya awet. Jadi, SIDLACOM ini kayak resep rahasia untuk bikin proyek pembangunan yang sukses!
Untuk lebih memahaminya kita bahas setiap tahapan SIDLACOM yah...💦
Survey: Sebelum membangun proyek infrastruktur jalan baru misalnya, tim survei akan melakukan pemetaan wilayah, memeriksa jenis tanah, kondisi cuaca, dan potensi adanya sungai atau perbukitan di sepanjang jalur yang akan dibangun. Ini penting untuk menentukan jalur yang paling efisien dan aman.
Investigation: Setelah survei, tim investigasi akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kondisi tanah, risiko gempa, dan potensi bencana alam lainnya di wilayah tersebut. Mereka juga akan mempelajari data sejarah tentang curah hujan dan banjir di daerah tersebut.
Design: Berdasarkan hasil survei dan investigasi, tim desain akan membuat rancangan detail jalan, termasuk lebar jalan, jumlah lajur, jenis material yang digunakan, serta sistem drainase. Desain ini akan mempertimbangkan aspek estetika, fungsionalitas, dan keselamatan pengguna jalan.
Land Acquisition: Setelah desain selesai, tahap selanjutnya adalah pembebasan lahan. Proses ini melibatkan negosiasi dengan pemilik lahan, pembayaran ganti rugi, dan pengurusan izin-izin yang diperlukan.
Action Programme: Pada tahap ini, akan dibuat rencana kerja yang detail, termasuk jadwal pelaksanaan, alokasi anggaran, dan penentuan kontraktor yang akan mengerjakan proyek.
Construction: Tahap konstruksi adalah tahap pelaksanaan pembangunan fisik jalan, mulai dari penggalian tanah, pembuatan pondasi, hingga pemasangan aspal.
Operation: Setelah jalan selesai dibangun dan diuji coba, tahap selanjutnya adalah operasi. Pada tahap ini, jalan akan dibuka untuk umum dan dilakukan pemeliharaan rutin, seperti pembersihan, perbaikan kerusakan, dan pengawasan lalu lintas.
Maintenance: Pemeliharaan adalah kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus untuk menjaga kondisi jalan tol agar tetap baik. Kegiatan pemeliharaan meliputi pengecatan marka jalan, perbaikan lampu penerangan, dan perbaikan kerusakan jalan akibat cuaca atau beban lalu lintas.
Bayangkan kamu mau membangun rumah baru. Sebelum mulai membangun, kamu pasti akan cari tahu dulu lokasi yang cocok, kan? Nah, begitu juga dengan pembangunan jalan. Tim ahli akan survei dulu lokasi yang akan dibangun, lalu bikin desain rumah yang bagus dan kuat. Setelah itu, mereka akan urus izin-izin dan mulai membangun. Begitu rumah jadi, kamu kan pasti rajin ngebersihin dan benerin kalau ada yang rusak. Nah, jalan juga sama, perlu dirawat terus supaya awet dan nyaman digunakan.
Menurutmu teman, mengapa tahap perencanaan (survey, investigation, design) sangat penting dalam sebuah proyek pembangunan? tulis di kolom komentara yah!